HMTE
Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro



Berita

April 14th, 2014

Kajian Kurikulum, Kerja Praktek, dan Proyek Akhir (KASTRAD)

More articles by »
Written by: Kominfo
Tags:
Bi0HszYCIAAjSyb
K

ASTRAD HMTE UGM mengadakan sebuah kajian dimana kajian tersebut dilaksanakan karena permintaan mahasiswa yang bingung akan kurikulum baru 2012, waktu pelaksanaan KP, dan bagaimana pelaksanaan magang. DalamKajian tersebut menghadirkan Kaprodi Diploma Teknik Elektro, Bapak Ir. LukmanSubekti, M.T., Kaprodi DIV Teknologi Jaringan yang juga menjabat sebagai Wakaprodi Bidang Kemahasiswaan DTE, Bapak Dr.Eng Nur Rosman Rosyid, M.T, dan Wakaprodi Bidang Akademik selaku Pembicara, Bapak Hidayat Nur Isnianto, M.T. Acara kajian dimulai pukul 16.30 WIB dengan dibuka oleh MC yang langsung dilanjutkan sambutan oleh Ketua HMTE 2014, Nendra Publik.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Sambutan Bapak Lukman Subekti. Beliau mengharapkan bahwa mahasiswa yang akan mengajukan untuk melaksanakan KP dapat dating langsung di kajian kali ini agar dapat langsung mengetahui kebijakan kampus mengenai pelaksanaan KP. Beliau juga mengatakan bahwa kurikulum 2012 diresmikan sekitar akhir tahun 2012 sehingga baru dapat dilaksanakan pada semester gasal 2013/2014. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Bapak Nur Rohman Rosyid. Beliau mengatakan bahwa kajian seperti ini adalah media yang pas untuk membahas mengenai kebingungan yang terjadi di kalangan mahasiswa dan berharap dapat terus dilaksanakan.

Kemudian masuk ke acara inti, pemaparan tema kajian oleh pembicara yaitu Bapak Hidayat Nur Isnianto. Berikut penjelasan mengenai Kurikulum, Kerja Praktek, dan Tugas Akhir.

Menanggapi perubahan kurikulum 2006 ke kurikulum 2012 yang mengalami sedikit perubahan pihak akademik membuat suatu kebijakan ekivalensi, dimana pengumuman tentang ekivalensi tersebut telah dipajang di madding akademik semenjak semester gasal 2013/2014. Dimana di dalam pengumuman tersebut terdapat point-point penting mengenai perubahan sks, penambahan matakuliah, dan perubahan matakuliah.

Dijelaskan bahwa semua matakuliah diakui yang penting ada nilainya yaitu dari A sampai D, nilai D pun diakui kecuali untuk beberapa matakuliah misalnya matakuliah Pancasila. Indeks Prestasi Komulatif minimal 2,0. Yang tertulis di traskip nilai adalah matakuliah yang telah diambil, yaitu matakuliah di kurikulum 2006 dan kurikulum 2012.

Mata Kuliah yang ada ekivalensinyatetapi sks-nya berbeda maka yang dicantumkan adalah yang telah lulus, jika matakuliah tersebut diperbaiki maka yang nilai yang baru yang akan dicantumkan. Untuk angkatan 2011 dan sebelumnya yang akan lulus hingga batas terakhir Agustus tahun ini hanyamembutuhkan 113 SKS untuk lulus dengan beban sks Proyek Akhir adalah 3 sks dan ditambah dengan matakuliah etika profesi pada semester gasal kemarin. Tetapi jika lulus setelah bulan agustus maka yang akan dibutuhkan untuk lulus adalah 114 SKS dengan penambahan matakuliah Teknik Penulisan Laporan pada semester genap.

Dengan demikian berarti mahasiswa angkatan 2012 memerlukan 114 sks untuk lulus dengan penambahan matakuliah Teknik Penulisan Laporan. Akan tetapi khusus mahasiswa angkatan 2012 matakuliah Teknik Penulisan Laporan akan dilaksanakan pada semester 5 yang akan disandingkan dengan matakuliah Etika Profesi yang sama-sama 1 sks. Sehingga untuk angkatan 2012 tidak perlu resah dan tetap mengikuti matakuliah Teknik Penulisan Laporan pada semester genap ini karena dengan begitu hanya akan membuat matakuliah ini mempunyai mahasiswa lebih dari yang ditetapkan. Pengkhususan ini selain berlaku untuk mahasiswa semester 5 dapat pula berlaku untuk mahasiswa semester 7.

Kerja Praktek

Peraturan akademik dari SekolahVokasi, Kerja Praktek mempunyai bobot 2-4 sks dimana 1 sks setara dengan 1 bulan (5 hari perminggu, 8 jam perhari). Ada 2 model untuk menyelesaikan tugas akhir yaitu Industrial Base (Magang) dan Laboratory Base. Industrial Base semester 6 sekaligus melaksanakan Kerja Praktek dan Tugas Akhir bersamaan, sehingga waktu yang diperlukan untuk magang di industri yaitu 5 bulan dengan rincian 2 bulan untuk Kerja Praktek dan 3 bulan untuk Proyek Akhir. Laboratory Base 5  melaksanakan kerja praktek setelah ujian akhir semester 4 atau setelah ujian akhir semester 5. Pada Kerja praktek ada penugasan yang bernama Surat Tugas dari Kampus untuk pelaksanaan kerjapraktek. Setelah Kerja Praktek makamahasiswa harus melaporkan kegiatan Kerja Prakteknya dalam sebuah laporan yang kemudian dilanjutkan oleh Seminar KP.Dari pemaparan tersebut dapat diketahui bahwa mahasiswa harus memilih untuk melaksanakan Kerja Praktek atau Magang.

Untuk tahun ini agak berbeda mengenai kalender akademik UGM dengan rincian libur semester genap 14 Juli – 15 Agustus 2014 yang berarti hanya 1 bulan saja.Untuk di DTE ujiannya akhir Juni hingga awal Juli, yang berarti sangat sulit untuk melaksanakan Kerja Praktek di libur semester genap ini mengingat waktu minimal Kerja Praktek adalah 2 bulan. Akan tetapi jika memang sudah mendapat jawaban dari perusahaan untuk melaksanakan Kerja Praktek di libur semester genap ini maka dipersilahkan untuk dapat memenuhi panggilan tersebut dengan kata lain melaksanakan Kerja Praktek di akhir semester 4 ini, dengan konsekuensi kegiatan belajar mengajar pada semester berikutnya (semester 5) sehingga akan ada perlakuan khusus atau toleransi kepada mahasiswa yang melaksanakan KP dengan waktu maksimal selesai Kerja Praktek adalah tanggan 7 September 2014, dengan kata lain ada toleransi 2 minggu tidak mengikuti kegiatan perkuliahan. Dengan catatan bahwa mahasiswa tetap melaksanakan her-registrasi dan KRS-an sesuai jadwal yang ditentukan, jika tidak memungkinkan untuk datang langsung ke kampus mahasiswa dapat memberikan kuasa kepada yang dipercaya untuk melakukan KRS-an, agar supaya ketika selesai KP dapat langsung masuk kelas.Untuk mahasiswa yang belum mengirimkan proposal pengajuan Kerja Praktek dapat tetap mengajukan ke pihak prodi dengan kebijakan yang sama seperti mahasiswa yang telah mendapat panggilan dari perusahaan, yaitu mengenai tanggal pelaksanaan KP 7 Juli-7 September 2014.

Bagaimana runtutan cara pengajuan proposal Kerja Praktek ?

  1. Membuat Proposal pengajuan kerja praktek untuk industry yang dituju.
  2. Meminta Revisi Proposal ke Wakaprodi Kemahasiswaaan, BapakNurRosmanRosyid.
  3. Merevisi Proposal sesuai anjuran dosen.
  4. Meminta paraf dari Wakaprodi Kemahasiswaan pada lembar pengesahan.
  5. Menyerahkan proposal ke pihak akademik untuk dibuatkan surat pengantar untuk tembusan Sekolah Vokasi.
  6. Surat pengantar tersebut dapat dititipkan ke pihak akademik untuk bias mendapatkan tanda tangan dari Wakil Direktur bidang akademik dan kemahasiswaan Sekolah Vokasi, Wikan Sakarinto yang dapat diambil 2-3 hari berikutnya atau mahasiswa dapat langsung menyerahkan ke KPTU Sekolah Vokasi yang dapat diambil 1-2 hari berikutnya.
  7. Proposal diserahkan ke pihak TU DTE untuk mendapatkan tanda tangan dari Kaprodi, Lukman Subekti.
  8. Setelah Surat Pengantardan Proposal sudah lengkap mahasiswa dapat langsung mengirimkan sendiri berkas-berkasnya keperusahaan atau meminta pihak kampus melakukannya.
  9. Mahasiswa menunggu panggilan atau Follow Up dari perusahaan mengenai pengajuan proposalnya. Bentuk balasan dari perusahaan dapat berupa menghubungi langsung mahasiswa yang bersangkutan atau melalui kampus.
  10. Setelah mendapatkan surat balasan mahasiswa langsung mendaftarkan dirinya kebagian akademik.

videeo kajisn bisa dilihat link dibawah ini


About the Author

Kominfo
Co-Admin Web HMTE dari Dept. KOMINFO




 
 

 
cover 16

Maestro Jilid 1 Tahun 2016

Maestro kini telah terbit kembali. untuk mendownload Maestro jilid 1 tahun 2016 bisa didownload di link ini   DOWNLOAD  
by Kominfo
0

 
 
12304091_874119035989923_5333151890722164201_o

OPEN RECRUITMENT MUSIC COMMUNITY 2015

OPEN RECRUITMENT MUSIC COMMUNITY 2015 Bagi kalian yang mencintai musik, ingin bermain musik, ingin menambah pengalaman bermusik.. yuk buruan gabung di Music Community. Kita tidak hanya menerima yang jago dan berskill atau berta...
by Kominfo
0

 
 
vix

MAESTRO edisi 4, 2014 Telah Terbit

Berikut ini Buletin MAESTRO edisi 4 tahun 2014 telah terbit. Silahkan download disini
by Kominfo
0

 

 
gggg

Kajian Konsentrasi 2014

MASIH GALAU MILIH KONSENTRASI???   Angkatan ke 2 atau tak lain angkatan 2013 yang sekarang sedang berada di semester 3 dari jurusan Teknik Elektro pasti sekarang lagi galau-galaunya milih konsentrasi nih buat penjurusan di sem...
by Kominfo
0

 
 
Conjungtion

Pemilihan Ketua Umum Periode 2015

Syarat: Mahasiswa DTE/DTJ angkatan 2012-2013 Mengisi formulir pendaftaran calon ketua HMTE Mengumpulkan minimal 40 fotocopy ktm mahasiswa DTE/DTJ Menandatangani surat pernyataan bahwa sedang tidak menjabat sebagai pengurus inti...
by Kominfo
0

 




0 Comments


Be the first to comment!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


7 − two =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>