HMTE
Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro



Berita

May 3rd, 2013

Kajian Pembentukan Departemen

More articles by »
Written by: Kominfo
Tags: , ,

Selasa, 30 April 2013 Departemen KASTRAD mengadakan kajian bersama Kaprodi baru kita Bapak Ir. Lukman Subekti beserta Wakaprodi bidang akdemik Bapak Hidayat Nur Isnianto dan Bapak Nur Rohman Rosyid selaku Wakaprodi bidang Kemahasiswaan di ruang 233 Kampus Program Diploma Teknik Elektro.

Pada kesempatan kali ini, mereka akan memaparkan tentang isu pembentukan departemen dari DTE akan digabung bersama ELINS, METINS dan KOMSI? Isu yang mungkin bisa dikatakan sangat berdampak kepada mahasiswa ini, kebanyakan dari mereka juga kurang setuju. Daripada galau dan resah, mari kita cermati apa kata para petinggi kampus tentang hal ini.

Departemen yang akan dibentuk merupakan bagian dari organisasi Sekolah vokasi, sebelum menuju ke prodi maka akan ada Departemen. Pada Departemenisasi nantinya akan tetap ada struktur keorganisasian misal Ketua, Sekretaris dan yang lainnya. Departemen hanya akan mengurusi tentang Keuangan,SDM, Sarana prasarana, dll. Kemudian tugas prodi hanya sebatas mengurusi akademik. Departemen yang akan diberi nama “Departemen Teknik Elektro dan Informatika”, pemberian nama masih dalam tanda kutip yang berarti belum resmi dan masih usulan saja.

Sebenarnya bukan hanya Prodi ini saja yang digabung tapi nantinya di dalam Sekolah Vokasi akan terdapat 8 Departemen, pembagian ini akan berdasar pada kluster ilmu masing – masing. Alasan  dalam pembentukan departemen ini tidak lain adalah untuk mempermudah dan membuat efisien dalam pengkondisian atau pengkordiniran prodi di Sekolah Vokasi.

Dari kajian timbul banyak pertanyaan dari beberapa mahasiswa tentang keuntungan dan kerugian (Romzul ‘12) , kapan pengesahannya (Dimas ‘11) dan masih banyak lagi. Tanggapan yang diberikan oleh narasumber kita pun cukup sederhana. Keuntungan sangat banyak dan belum menemukan kekurangan bahkan kerugian adanya penggabungan tersebut. “Misalnya kita semakin kuat ketika kita harus dipersatukan karena jumlah kita yang semakin banyak”,ungkap bapak Lukman. Ditambahkan pula “departemen ini masih menunggu peraturan rektor dan tentu juga persetujuan”.

Kemudian Bapak Hidayat pun ikut angkat bicara, “Departemenisasi ini masih digodhok alias dipersiapkan agar matang karena di bagian pelaksana sendiri belum jelas. Untuk masalah PPSMB yang paling berwenang menentukan tetap Sekolah Vokasi”.

Dari beberapa pemaparan tersebut masih banyak yang penasaran dan belum puas dengan jawaban para petinggi kampus, selaku mahasiswa ada pertanyaaan kembali ”Mengapa tidak diklusterkan dengan Teknik? Dan kita harus bareng MIPA ?” . Alasan mereka cukup sederhana hanya karena ilmu kita jauh jika digabung dengan Teknik Mesin, Sipil dan Geomatika. Ilmu Teknik Elektro berhubungan dekat dengan apa yang yang dipelajari serta diterapkan oleh MIPA (ELINS,METINS,KOMSI).

Bagaimana dengan kelanjutan proker Himpunan Mahasiwa Teknik Elektro? Apakah dana bisa dengan mudah untuk mengalir? Atau akan terbagi – bagi dengan prodi lain?. “Yang dapat disimpulkan hanya ketika kita punya kegiatan yang serupa kita bisa dijalankan bersama dengan partner satu departemen kita, dan ketika lebih spesifik ya jalan sendiri. Tinggal kita yakin saja kalau proker punya HMTE itu layak untuk didanai dan bisa menunjukkan keunggulannya”, jawab Bapak Hidayat.

Bapak Rosyid hanya menambahkan seperti ini “yang jelas tentang adanya pembentukan departemen ini tidak akan mempengaruhi jenjang karir saudara nanti ketika sudah lulus”. Ya semoga saja begitu, berharap untuk yang terbaik saja.

Meskipun masih belum jelas tetapi kita sedikit mengerti tentang pemaparan isu tersebut. Dan kita hanya bisa berharap yang terbaik buat Prodi kita, semoga dengan kebijakan yang ada kita masih tetap bisa untuk berkarya dan berprestasi untuk kampus tercinta kita, Universitas Gadjah Mada.

Keywords:

pembentukan departemen,


About the Author

Kominfo
Co-Admin Web HMTE dari Dept. KOMINFO




 
 

 
gggg

Kajian Konsentrasi 2014

MASIH GALAU MILIH KONSENTRASI???   Angkatan ke 2 atau tak lain angkatan 2013 yang sekarang sedang berada di semester 3 dari jurusan Teknik Elektro pasti sekarang lagi galau-galaunya milih konsentrasi nih buat penjurusan di sem...
by Kominfo
0

 
 
Conjungtion

Pemilihan Ketua Umum Periode 2015

Syarat: Mahasiswa DTE/DTJ angkatan 2012-2013 Mengisi formulir pendaftaran calon ketua HMTE Mengumpulkan minimal 40 fotocopy ktm mahasiswa DTE/DTJ Menandatangani surat pernyataan bahwa sedang tidak menjabat sebagai pengurus inti...
by Kominfo
0

 

 
JAD

JADWAL KULIAH REMIDIASI 2014

Untuk mengetahui setiap mahasiswa masuk dikelas mana maka setiap mahasiswa dapat melihat sendiri lewat portal akademik di pilihan KRS/KHS SP  
by Kominfo
0

 
 
 

Penerimaan Anggota HMTE

Berikut ini daftar nama-nama yang diterima dalam open recruitment Himpunan  Mahasiswa Teknik Elektro 2013:   Keywords: poster kandidat himpunan,poster kandidat ketua himpunan,contoh pamflet foto,wonogondang,gambar poster ...
by Kominfo
0

 




0 Comments


Be the first to comment!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


nine + 4 =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>