HMTE
Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro



Berita

December 6th, 2012

Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM Kembali Menggelar Aksi

More articles by »
Written by: admin
Tags: , ,
aksi mahasiswa sekolah vokasi 5 desember 2011

Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM Kembali Menggelar Aksi unjuk rasa di bunderan UGM pada Rabu 5 Desember 2012. Aksi ini dilakukan untuk memperingati setahun aksi yang sama yang pernah mahasiswa Sekolah Vokasi lakukan satu tahun lalu, tepatnya Senin, 5 Desember 2011 di gedung Rektorat UGM. Waktu itu ribuan mahasiswa Sekolah Vokasi UGM menduduki Rektorat dan membuka camp selama beberapa hari hingga tuntutan mereka dipenuhi. Aksi unjuk rasa ini menyita banyak perhatian dari media masa, banyak media yang meliput aksi ini mulai dari koran, radion, situs berita online, hingga berita di televisi. Berikut video aksi unjuk rasa mahasiswa sekolah vokasi UGM yang diliput stasiun televisi nasional setahun lalu :

Tuntutan yang diminta mahasiswa sekolah vokasi UGM waktu itu adalah :

Mahasiswa Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada MENUNTUT:

  1. Rapat pleno SA universitas Gadjah Mada dimajukan hari senin tanggal 12 Desember 2011.
  2. Universitas gadjah mada memberi kesempatan Prodi S-1 Lingkungan UM untuk melaksanakan Proram alih jenis.
  3. Universitas  Gadjah Mada memberi jaminan akan membahas dan mencantumkan prasyarat alih jenis yang diajukan mahasiswa Vokasi dalam rambu-rambu umum antara lain:
    1. Tidak ada pembatasan IPK 3.5/cumlaude.
    2. Tidak ada pembatasan prodi untuk alih jenis ke jenjang sarjana.
    3. Tidak ada pembatasan angkatan kelulusan.
    4. Kuota minimal mahasiswa alih jenis yang harus diterima minimal 50% dari jumlah mahasiswa yang mendaftar pada setiap fakultas/jurusan.
    5. Lulusan Diploma III sekolah Vokasi UGM berhak melanjutkan Alih Jenis di fakultas/jurusan S-1.
    6. Rambu- rambu khusus program alih jenis yang ditentukan fakultas/ jurusan terkait tidak bertentangan dengan rambu-rambu umum.

Beberapa tuntutan sudah ditanggapi pihak universitas, salah satunya keluarnya SK Rektor tentang kelanjutan studi untuk S1 dan D4. Tetapi SK Rektor tidak berlaku untuk Mahasiswa Angkatan 2012, dinilai SK hanya sebagai obat pelipur lara. Mahasiswa SV UGM hanya diberi pilihan bekerja setelah lulus, tapi faktanya banyak yang melanjutkan studi ke universitas lain. Sehingga mahasiswa Sekolah Vokasi UGM kembali meggelar aksi serupa setahun kemudian untuk menuntut kejelasan nasib mereka. Berikut tuntutan yang mereka ajukan dalam aksi kali ini :
a. Perbaikan manajemen sv

b. Fasilitas dan sarana sv

c. Tindak lanjut tentang kelanjutan pendidikan setelah lulus dari SV

Ketidakjelasan nasib Sekolah Vokasi (fasilitas sarana prasarana, beasiswa, kejelasan studi, masa depan) lah yang menjadi tuntutan utama mereka. Minimnya sarana dan prasarana, serta akses Beasiswa untuk Mahasiswa SV juga dirasakan sangat diskriminatif. Selain itu mereka juga menuntut keputusan Rektor UGM tentang Pembukaan Diploma Empat & Alih Jenis Segera di Tinjau Ulang.

aksi mahasiswa sekolah vokasi 5 desember 2012

Aksi Mahasiswa Sekolah Vokasi 5 Desember 2012

Aksi unjuk rasa Mahasiswa Sekolah Vokasi UGM kali ini juga menyita perhatian beberpa media masa, walaupun aksi kali ini tidak sedasyat dulu dengan masa yang lebih sedikit. Namun setidaknya suara mereka sudah terdengar ke masyarakat. Walaupun belum ramai dibicarakan, aksi 5 Desember 2012 ini ternyata sudah diliput stasiun televisi nasional. Kamis pagi 6 Desember 2012 berita aksi Mahasiswa Sekolah Vokasi ini ditayangkan di acara berita Liputan 6 SCTV Jogja. Semoga dengan ini semua perjuangan rekan-rekan mahasiswa Sekolah Vokasi UGM dapat segera membuahkan hasil :)


About the Author

admin
Admine sudah ganti wong Jogja aseli :)




 
 

 
vix

MAESTRO edisi 4, 2014 Telah Terbit

Berikut ini Buletin MAESTRO edisi 4 tahun 2014 telah terbit. Silahkan download disini
by Kominfo
0

 
 
 

Selamat Datang di HMTE

Selamat Datang kami ucapkan kepada pengunjung website Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro (HMTE). HMTE  merupakan satu-satunya organisasi mahasiswa yang berada di Program Diploma Teknik Elektro, Sekolah Vokasi, UGM. Website ini ...
by admin
0

 



0 Comments


Be the first to comment!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


− four = 2

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>